4 Penyebab Komputer Kantor Anda Lambat


(Friday, March 13, 2009)

Rasa stres memang sering datang ketika Anda sedang bekerja di kantor. Apalagi ketika Anda sedang dalam kondisi dikejar deadline, pekerjaan menumpuk, dan ditambah dengan komputer yang tiba-tiba berjalan lambat. Alhasil pekerjaan pun tidak akan dapat diselesaikan tepat waktu.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa komputer Anda berjalan lambat.

1. Salah satu penyebab paling umum komputer lambat adalah virus. Beberapa virus memang dapat membuat kinerja komputer menurun. Apalagi virus yang menyerang aplikasi-aplikasi tertentu dan menyebabkan kerusakan. Untuk mengatasinya, cara yang paling ampuh adalah dengan menggunakan antivirus. Pilihlah antivirus yang baik dan perbaharuilah secara berkala agar virus-virus baru dapat terdeteksi.

2. Aturlah bebagai macam tampilan dalam BIOS di motherboard Anda. Pastikan kecepatan prosesor, memori, dan lain-lain sudah sesuai. Anda juga dapat mengatur beberapa tampilan agar kecepatan kerjanya dapat bertambah. Contohnya, aktifkanlah fitur topperformance dan tingkatkan CAS Latency agar memori computer Anda dapat ditingkatkan. Memperbaharui BIOS dengan yang terbaru juga dapat mengurangi kelambatan sistem computer Anda.

3. Layaknya manusia, komputer yang sering digunakan juga memerlukan penyegaran. Salah satunya adalah dengan cara melakukan Scandisk dan Defragmentasi secara rutin minimal satu bulan sekali. Lakukan Scandisk secara rutin untuk memperbaiki hardisk yang sering rusak akibat listrik mati secara mendadak atau hang. Selain melakukan Scandisk, lakukanlah Defragmentasi secara berkala. Berkas-berkas kerja Anda perlu ditempatkan dengan teratur agar tidak berantakan. Jika ruang penempatan berkas berantakan, maka kerja komputer pun akan lambat.

4. Hapuslah berkas-berkas ”sampah” yang sudah tidak digunakan lagi. Berkas-berkas ini seperti, berkas pada Recycle Bin, cookies, history IE, berkas bak, dan berkas temporary. Ketika menghapus berkas-berkas tersebut, tidak secara otomatis berkas tersebut akan terhapus dari hardisk. Oleh sebab itu, hapuslah berkas-berkas dalam Recycle Bin karena seluruh berkas tersebut masih mengambil ruang dalam hardisk.

Posted in Labels: ,
Posted by Eko Wahyudiharto at 12:51 AM  

0 comments:

 
Copyright 2008. GudangSolusi designed by Eko Wahyudiharto