Bagi setiap pengendara motor, hal apa lagi yang diinginkan selain melaju di jalan raya dengan tenaga mesin yang optimal. Akan tetapi penyetelan komponen yang tidak tepat atau kurangnya perawatan membuat harapan tersebut tidak dapat terlaksana. Kalau Anda termasuk salah satu orang yang merasakan masalah serupa, berikut beberapa bagian yang dapat diperiksa:

1. Saringan Udara
Cobalah untuk membersihkan komponen yang berfungsi menyaring kotoran dan debu dari udara sehingga memungkinkan udara bisa masuk lebih banyak ke ruang bakar. Ini karena mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga mengurangi asupan udara ke ruang bakar. Akan tetapi kalau Anda merasa komponen ini sudah lama tidak diganti, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan paling tidak setiap 20 ribu km.

2. Karburator
Di dalam komponen inilah proses pengabutan (proses dimana bahan baker bercampur dengan udara untuk pembakaran yang pada akhirnya proses tadi menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor berlangsung). Oleh karena itu, sama seperti saringan udara, kebersihan komponen ini juga patut diperhatikan.

3. Busi
Busi yang sudah berumur menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkannya tidka konstan. Hal ini disebabkan karena sudah kotor dengan jelaga atau celah busi sudah tidak tepat. Sebagai langkah darurat, Anda bisa membersihkan busi tersebut dengan meniup dan menggosoknya dengan amplas. Demikian pula untuk mengatur jarak antar elektroda.

4. Jarum Skep
Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator ini perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan karen jarum skep yang terlampau tinggi. Kalau Anda tidak bisa menyetel sendiri, sebaiknya bawa ke bengkel agar hasilnya benar-benar maksimal.

5. Knalpot
Knalpot yang tersumbat oleh kotoran juga menjadi penyebab tenaga motor melorot. Oleh karena itu lakukan perawatan pada bagian ini setiap 3 bulan atau 6 robu km agar selain kebersihannya, performanya pun bisa tetap terjaga.

Posted in Labels:
Posted by Eko Wahyudiharto at 6:52 PM  

0 comments:

 
Copyright 2008. GudangSolusi designed by Eko Wahyudiharto