6 Cara Efisien Memakai baterai Ponsel


(Monday, October 27, 2008)

Sungguh germ rasanya jika ponsel tidak dapat digunakan gara-gara baterai habis. Apalagi, ketika Anda sangat membutuhkan ponsel untuk melakukan transaksi bisnis. Alhasil, bisnis Anda pun dapat mengalami kegagalan hanya karena baterai habis. Ada 2 faktor yang dapat menyebabkan baterai habis; pertama, kualitas baterai yang dibawah standar dan kedua, pemakaian ponsel yang memang tidak efisien. Agar baterai ponsel Anda dapat “hidup” lebih lama, perhatikanlah cara-cara pemakaian baterai yang efisien di bawah ini:

1. Jangan aktifkan nada dering dan getar sekaligus
Aktifasi dari keduanya akan menguras energi baterai. Oleh karena itu, aktifkan hanya salah satunya saja. Misalnya, saat berada di bioskop atau ruang rapat sebaiknya aktifkan getarnya saja. Namun, aktifkanlah nada dering saat berada di tempat publik, seperti mal, stasiun dan bandara

2. Redupkan brightness layar
Pengurangan kecerahan layar hingga 50% dapat menjamin energi baterai yang terpakai lebih hemat. Atur juga durasi backlight Anda, jangan biarkan terlalu lama menyala, cukup 5-15 detik saja.

3. Matikan fitur yang tidak perlu
Jika tidak digunakan atau tidak perlu, segera matikan fitur-fitur ponsel Anda seperti bluetooth, GPRS, infrared atau GPS. Jangan sering-sering bermain game, mendengarkan musik dan melakukan panggilan video.

4. Perhatikan tempat penyimpanan
Letakkan ponsel Anda di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah. Misalnya, jangan letakkan ponsel Anda di dalam mobil yang terkena matahari, di atas laptop atau mesin game yang suhunya panas.

5. Sinyal
Sebaiknya, matikan saja ponsel jika Anda berada di daerah yang sulit mendapatkan sinyal. Sebab, ponsel akan terus berusaha mencari sinyal sehingga mengakibatkan baterai menjadi boros. Jangan terlalu sering menghidupkan atau mematikan ponsel Anda. Pasalnya, tenaga yang dibutuhkan untuk mencari kembali jaringan pelanggan sangat besar. Hal ini akan mengurangi waktu siaga ponsel Anda antara 1 hingga 2 jam

6. Charge baterai
Jika baterai habis, segeralah isi ulang ponsel Anda hingga penuh. Agar baterai tidak mengembang atau memuai, pastikan untuk mencabut charger dari soket listrik dan kabel dari ponsel bila baterai sudah terisi penuh.

Posted in Labels: ,
Posted by Eko Wahyudiharto at 12:02 AM  

0 comments:

 
Copyright 2008. GudangSolusi designed by Eko Wahyudiharto