6 Kiat Bekerja Efektif di Kantor


(Monday, December 8, 2008)

Seorang karyawan tentunya dituntut bertanggung jawab memberikan hasil yang baik dalam mengerjakan tugas-tugas yang diperintahkan. Hasil yang baik memerlukan ketelatenan dan konsentrasi yang baik pula pada proses pengerjaannya. Namun, adakalanya muncul hambatan yang datang di saat Anda sedang serius bekerja. Kiat-kiat berikut diharapkan dapat membantu Anda agar dapat bekerja lebih efektif.

1. Aturlah pekerjaan Anda berdasarkan skala prioritas. Seringkali Anda bekerja menurut apa yang Anda suka, bukan menurut apa yang Anda butuhkan. Ingat, setiap pekerjaan memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda pula. Maka, pilihlah pekerjaan yang lebih penting dan mensedak agar selalu didahulukan.

2. Bagi yang memiliki jaringan internet di kantor, hindarilah mengaktifkan fasilitas seperti aplikasi chatting pada saat bekerja. Selain dapat mengganggu konsentrasi, hal ini dapat membuat durasi proses pengerjaan tugas menjadi lebih panjang dari biasanya.

3. Tidak ada salahnya untuk mengaktifkan nada getar pada ponsel atau menonaktifkan sementara ponsel hingga tugas Anda selesai. Semua ini akan membuat Anda benar-benar fokus dalam bekerja. Kecuali pekerjaan Anda memang menuntut Anda untuk selalu bergerak dan mudah untuk dihubungi.

4. Tanpa Anda sadari pekerjaan sering terabaikan karena rekan kantor yang datang tiba-tiba mengajak berbincang-bincang. Hal ini akan membuat Anda asyik membicarakan hal tersebut sampai lupa pada pekerjaan. Salah satu solusinya adalah, berilah pengertian kepada teman, bahwa Anda memiliki pekerjaan yang harus segera diselesaikan sehingga Anda tak ingin diganggu terlebih dahulu sampai pekerjaan Anda benar-benar selesai.

5. Usahakan jangan telalu banyak cemilan di atas meja kerja Anda. Sebab, terlalu banyak memakan cemilan dikhawatirkan akan membuat Anda mengantuk. Cukup segelas teh atau kopi hangat saja sebagai pendamping setia Anda saat bekerja.

6. Setelah pekerjaan Anda selesai dengan efektif, segeralah istirahatkan diri Anda. Ingat, tubuh dan pikiran Anda memerlukan waktu untuk istirahat juga. Tanpa istirahat yang cukup, pekerjaan Anda yang berikutnya pun bisa-bisa tidak akan terselesaikan dengan efektif juga.

Posted in Labels:
Posted by Eko Wahyudiharto at 5:22 PM  

1 comments:

  1. Pelangi Says:

    b9us b9t,..mhon izin share yc,..

 
Copyright 2008. GudangSolusi designed by Eko Wahyudiharto