Berbicara di depan banyak orang memang bukan hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali tampil di hadapan banyak orang. Ada banyak faktor yang membuat Anda grogi ketika melakukan hal ini, namun hal itu bisa disiasati dengan langkah-langkah berikut:

1. Lawan rasa malu Anda.
Rasa malu dapat bersumber dari apa saja. Bisa dari faktor dalam diri (sifat) maupun faktor luar (penampilan). Jika rasa malu bersumber dari penampilan misalnya, baju atau rambut. Segeralah perbaiki, lalu mulailah maju ke depan. Sembilan puluh sembilan persen kesuksesan berbicara di depan banyak orang adalah dengan melawan rasa malu Anda.

2. Persiapkan diri sebaik mungkin.
Caranya, cobalah belajar bicara di depan kaca seolah-olah Anda tampil di depan banyak orang. Tak ada salahnya juga membuat catatan kecil sebagai panduan agar pembicaraan Anda tidak melebar dan tetap tertata rapi.

3. Perbanyaklah membaca buku humor.
Humor memang dapat mencairkan suasana yang tegang. Jika Anda merasa suasana terlalu serius, sisipkan beberapa humor di sela-sela pembicaraan Anda. Dengan demikian, suasana tegang pun mencair dan mempermudah Anda.

4. Sesuaikan gaya bicara Anda dengan gaya Anda sendiri.
Anda tidak perlu mengikuti gaya bicara seseorang yang terkenal. Sebab, belum tentu gaya bicara orang tersebut cocok dengan gaya bicara Anda. Selain itu, agar terdengar lebih menyakinkan dan tidak membosankan, beri tekanan intonasi pada kalimat-kalimat penting.

5. Gunakan bahasa tubuh dengan tepat.
Misalnya, jika ingin memberi semangat, jangan ragu-ragu mengepalkan tangan Anda. Lagipula, gerakan tubuh juga perlu dilakukan untuk menambah kekuatan dari pembicaraan Anda.

6. Gunakan pandangan mata Anda secara tepat.
Lakukanlah kontak mata dengan audiens di dalam ruangan, jangan hanya terpaku pada satu titik. Dengan begitu, audiens pun akan merasa lebih dihargai dan terkonsentrasi dengan pembicaraan Anda. Jangan pernah berbicara sambil menunduk, karena ini akan menunjukkan Anda tidak percaya diri.

7. Cocokkanlah bahan pembicaraan dengan situasi pertemuan.
Carilah informasi mengenai waktu, tempat, dan hadirin yang datang pada pertemuan tersebut. Lalu, cocokkanlah dengan materi yang akan Anda sampaikan. Selain itu, jangan lupa berdoa agar Anda dapat bebricara di depan banyak orang dengan lancar dan menyakinkan.

Posted in Labels:
Posted by Eko Wahyudiharto at 4:38 PM  

0 comments:

 
Copyright 2008. GudangSolusi designed by Eko Wahyudiharto